Guru Aini (2020) - Andrea Hirata

“Ini persamaan hidupku sekarang, Bu,” Desi menyodorkan buku catatan ke tengah meja. Bu Amanah, yang juga guru matematika, tersenyum getir melihat persamaan garis lurus dengan variabel-variabel yang didefinisikan sendiri oleh Desi, x1: pendidikan, x2: kecerdasan. Yang menarik perhatiannya adalah konstanta a: pengorbanan.

“Pendidikan memerlukan pengorbanan, Bu. Pengorbanan itu nilai tetap, konstan, tak boleh berubah”

Konon, berdasarkan penelitian antah berantah, umumnya idealisme anak muda yang baru tamat dari perguruan tinggi bertahan paling lama 4 bulan. Setelah itu mereka akan menjadi pengeluh, penggerutu, dan penyalah seperti banyak orang lainnya, lalu secara menyedihkan terseret arus deras sungai besar rutinitas dan basa-basi birokrasi lalu tunduk patuh pada sistem yang buruk.

Dalam kenyataan hidup seperti itu, seberapa jauh Desi berani mempertahankan idealismenya menjadi guru matematika di sekolah pelosok?

Tentang seorang kakak yang mengorbankan apa pun agar adik-adiknya bisa sekolah. Tentang rasa sabar dan penerimaan. Tentang keluarga yang penuh perjuangan.

Terbit: 1 Feb 2020 oleh Bentang Pustaka


Goodreads Review

Posting Komentar

1 Komentar

  1. It’s also unclear 메리트카지노 which other advert categories have been paused. Pay off as a lot as have the ability to|you probably can} –Consider selling some of your valuables like jewelry, electronics or memorabilia. Don’t promote your automotive if it provides you transportation to work. The longer you wait, the extra harmful the scenario with bookies and loan sharks becomes and the extra interest you rack up by way of credit score accounts.

    BalasHapus